Tuesday, November 29, 2011

Film Misteri di Indonesia

Film bergenre misteri, suspense, thriller atau horror, terkadang tidak masuk akal dan menyeramkan. Pernah nonton film berjudul "drag me to hell", "the other", "paranormal activity", "the grudge", "knowing" atau film film karya M. Night Shyamalan seperti "the six sense", "devil"? atau pernah nonton film serial tv berjudul "supernatural"?

Kalau anda penggemar film bergenre di atas, saya yakin pasti anda sudah pernah nonton. buat yang belum nonton, silahkan deh tonton film yang saya sebutkan di atas! lho koq ndak ada film horror produksi Indonesia? ...mohon maaf, beribu ribu maaf, khususnya kepada pihak terkait ...menurut hemat saya, beberapa film horror Indonesia sangat tidak bermutu, merusak moral bahkan menyesatkan.

Film horror yang saya sebutkan di atas, walaupun menegangkan - tapi tetap enak di tonton dan mencerdaskan , dalam arti menambah wawasan kita mengenai hal supernatural dan aktifitas paranormal - hal ini karena mereka membuat film tsb berdasarkan hasil rangkuman dari kisah dan fakta yang ada dan dikemas secara menarik.

berikut komentar seorang sahabat mengenai film horror Indonesia :

"beberapa film horror produksi 'anak bangsa', seringkali ngawur, terlalu mengada-ngada, ngelantur jauh banget dari kisah dan fakta yang sebenarnya, lebih menonjolkan seksualisme, mencoba menghibur dengan komedi yang sangat garing dan sama sekali gak lucu, tidak ada alur cerita ...judulnya aja udah gak keru-keruan ....misalnya pocong ngepot, pocong disunat, kuntilanak mandi junub dll

kalau pun ada alur cerita - ceritanya gak pake logika sama sekali (walaupun film fiksi, bukan berarti yang nonton film ini orang bodoh lho!) ..dan yang lebih parah lagi, visual efeknya bener-bener murahan, dimana sosok hantu didandanin jelek banget dan diumbar terus ...maksudnya, si hantu jelek ini nongol terus sepanjang film seperti layaknya pemain utama ...menurut saya, jadi malah gak tegang ....kesian banget hantu indonesia, imagenya dirusak oleh sutradara dan produser gak berkualitas....apa kata parahantu nanti?"



Saya terkadang berpikir, kenapa bisa seperti itu ya?

Sebenarnya, Indonesia kaya dengan kisah, legenda, mitos dan sejarah. Masalah fakta? jangan ditanya! boleh dibilang Indonesia adalah gudangnya misteri... baik di asia maupun benua lainnya. Hampir di setiap area di Indonesia, memiliki sejarah, mitos, dan fenomena yang unik.

Orang di benua seberang seperti di Amerika atau Eropa, tidak mengenal hantu hantu seperti seperti 'kuntilanak', 'pocong', 'leak' dlsb. mereka hanya mengenal 'vampir', 'zombie' - selebihnya hanya monster-monster rekaan berlendir hijau  ...

Namun hebatnya, belakangan ini mereka 'melek supernatural' ...mereka belajar dari Asia - khususnya jepang, dan mencoba untuk lebih 'realistis' , yaitu menggali sebuah cerita misteri dari kejadian nyata lalu dikemas dengan cantik. Sehingga setelah nonton film horror barat spt yang saya sebutkan di atas, kita lalu berkomentar .."ohh, seperti itu ya sebenernya fenomena supernatural dan paranormal itu.." atau berkomentar ..."kejadian di film itu, mirip banget dengan kejadian yang pernah saya alami ..." ....

...bandingkan komentar kita setelah nonton film horror indonesia ..." wuihhh, si X seksi banget ya, berani amat dia maen adegan begituan!"

Semoga artikel ini, dapat menjadi inspirasi, agar film bertema misteri di Indonesia bisa lebih berkualitas lagi dari segala sisi di masa yang akan datang. Tidak mudah memang, tapi sudah menjadi kewajiban kita semua untuk memberikan suguhan program atau acara misteri yang tetap menghibur, mencerahkan, namun tidak merusak mental moral bahkan menyesatkan.

Sumber : Joe//dari berbagai sumber


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...